RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA Negeri 1 Bandar
Lampung
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : XII/Ganjil
Tahun
Pelajaran : 2017/2018
Alokasi
Waktu : 1 x 20 menit
A.
Kompetensi
Inti:
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
|
1.1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1.1 Mempertebal keyakinan terhadap kebesaran
Tuhan setelah melihat keteraturan yang ada di alam sekitar, dengan
bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika.
1.1.2 Bersyukur atas kebesaran Tuhan dengan
adanya keunikan pola keteraturan di alam semesta, dengan serius dalam
mengikuti pembelajaran matematika.
|
|
2.1
Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik,
konsisten dan teliti, dan bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah
menyerah dalam memecahkan masalah.
|
2.1.1
Membiasakan
bertanggung jawab dalam kelompoknya.
2.1.2
Menerapkan
perilaku jujur dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan matriks.
|
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan
ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan
kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
|
2.2.1 Memiliki
rasa ingin tahu tentang penyajian himpunan
2.2.2 Berani
dalam mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas.
|
|
3.
|
3.1 Menganalisis konsep, nilai determinan, dan sifat
operasi matriks, serta menerapkannya dalam menentukan invers matriks dan
dalam memecahkan masalah.
|
3.1.1
Mengetahui dan Memahami
konsep invers matriks persegi.
3.1.2
Menyelesaikan invers matriks berordo 2x2 dan
menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik dapat mengetahui dan memahami konsep invers matriks persegi.
Peserta didik dapat menyelesaikan
invers matriks berordo 2x2 dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.
D.
Materi Pembelajaran
1.
Invers
Matriks
Jika A dan B adalah
matriks persegi, dan berlaku
maka
dikatakan matriks A dan B saling invers. B disebut invers dari A, atau ditulis
.
Matriks yang mempunyai invers disebut invertible atau matriks non singular,
sedangkan matriks yang tidak mempunyai invers disebut matriks singular.
Untuk mencari invers matriks persegi berordo 2×2, coba
perhatikan berikut ini.
Jika dengan , maka invers dari matriks A (ditulis ) adalah sebagai berikut:
Jika dengan , maka invers dari matriks A (ditulis ) adalah sebagai berikut:
Jika
maka matriks tersebut tidak mempunyai invers, atau
disebut matriks singular.
Sifat-sifat matriks persegi yang mempunyai invers:
·
·
·
Contoh: Diketahui A =
dan B =
Selidiki,
apakah A dan B saling invers?
Penyelesaian :
Matriks A dan B saling invers jika berlaku A × B = B × A = I.
A × B
=
B × A
=
Karena A ×
B = B × A maka A dan B saling invers, dengan A–1 = B
dan B–1 = A.
2. Menentukan Invers Matriks Berordo
2 × 2
Misalkan diketahui
matriks A =
, dengan ad – bc ≠ 0.
Suatu matriks lain, misalnya B dikatakan sebagai invers matriks A jika AB = I. Matriks invers dari A ditulis A–1 . Dengan demikian, berlaku :
AA–1 = A–1A = I
Matriks A mempunyai invers jika A adalah matriks nonsingular, yaitu det A ≠ 0. Sebaliknya, jika A matriks singular (det A = 0) maka matriks ini tidak memiliki invers.
Misalkan
matriks A =
dan matriks B =
sehingga berlaku A × B = B × A = I. Kita akan mencari
elemen-elemen matriks B, yaitu p, q, r, dan s.
Dari persamaan A × B = I, diperoleh :
Jadi,
diperoleh sistem persamaan :
ap + br =
1 dan aq + bs = 0
cp + dr =
0 cq + ds = 1
Dengan
menyelesaikan sistem persamaan tersebut, kalian peroleh :
Dengan
demikian,
Matriks B
memenuhi A × B = I.
Sekarang, akan kita buktikan apakah matriks B × A = I?
Karena ad
– bc ≠ 0, berlaku B × A =
= I
Karena A ×
B = B × A = I maka B = A–1.
Jadi, jika A = maka inversnya adalah :
untuk ad –
bc ≠ 0.
Contoh Soal
18 :
Tentukan invers matriks-matriks berikut.
Tentukan invers matriks-matriks berikut.
a. A =
b. B
=
Jawaban:
E.
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Kooperatif
2.
Model Pembelajaran Snowball
Throwing
F.
Media,
Alat dan Sumber Pembelajaran
Media
Video
courtesy of youtube
Alat
Papan Tulis
LCD/Proyektor
Sumber Belajar
b.
LKS
c.
Contoh peristiwa
sehari-hari yang berhubungan dengan invers matriks.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Tahap
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Peserta Didik
|
Estimasi
Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
Orientasi
1)
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka
2)
Mempersilahkan salah satu peserta didik
membaca ayat suci Al-Quran
3)
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
4)
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
5) Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya.
6)
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
7)
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
1)
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
2)
Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat
menjelaskan tentang: Konsep Invers Matriks.
3)
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
4)
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
1)
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
2)
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung.
3)
Pembagian kelompok belajar.
4)
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
1.1)Menjawab
salam Guru
2.1)
Salah satu peserta didik
membaca beberapa ayat suci Al-Qur’an.
3.1)
Menunjukkan kehadiran ketika di absen Guru.
4.1)
Bersemangat untuk memulai mata pelajaran.
5.1)
Mencoba mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya.
6.1)
Mengingat materi sebelumnya.
7.1)
menjawab pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
1.1)Membayangka
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
2.1)
Mampu menjelaskan tentang Konsep Invers Matriks.
3.1) Mendengarkan Guru. 4.1) Menjawab pertanyaan.
1.1)
Mendengarkan Guru.
2.1)
Mendengarkan Guru
3.1) Mendapatkan Kelompok Belajar. 4.1) Mendengarkan apa yang di sampaikan Guru.
1.
|
5
menit
|
Kegiat
an Inti |
1)
Menyampaikan
materi yang dipelajari hari ini yaitu Invers
Matriks.
2)
Menampilkan
video bahan ajar.
3)
Guru menceritakan isi video yang ditampilkan.
4)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan video yang
disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar yang tidak
dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu,
kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu
untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
5)
Guru mengajak siswa bermain lempar bola.
6) Guru meminta semua peserta didik berdiri. 7) Memberitahu peserta didik bermain lempar bola sambil menyanyikan lagu “Potong Bebek Angsa” 8) Mengawasi jalan nya permainan, peserta didik yang memegang bola ketika lagu berhenti mendapat kesempatan menjawab soal. 9) Siswa yang telah selesai menjawab soal dipersilahkan duduk kembali ke bangkunya masing-masing, dan mendapatkan hadiah berupa bintang dari karton yang bisa ditukar dengan permen di akhir pelajaran sedangkan yang tersisa melanjutkan melakukan saling lempar bola kertas.Demikian selanjutnya sampai sebagian besar siswa melakukan permainan tersebut. |
1.1) Memperhatikan Guru.
2.1) Menonton Video bahan ajar dengan seksama. 3.1) Mendengarkan Cerita Guru.
4.1)Mengidentifikasi
Pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan.
5.1)
Menyiapkan diri bermain lempar bola.
6.1) Berdiri di samping tempat duduk. 7.1) Bermain lempar bola dan bernyanyi.
8.1)
Peserta didik yang memegang bola ketika lagu berhenti menjawab soal.
9.1)
Peserta didik duduk kembali ke bangku masing-masing jika sudah menyelesaikan
soal.
|
12 menit
|
Kegiatan
Akhir
|
1)
Memberikan
peserta didik Tugas portofolio yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan
dengan berkelompok.
2)
Peserta
didik bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau Guru
melemparkan beberapa pertanyaan kepada
peserta didik.
3) Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar
diberi paraf .
4)
Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
yang baik.
5) Menyimpulkan
pelajaran dan menutup pembelajaran hari ini.
6) Memberikan Pekerjaan Rumah.
7)
Menyampaikan
materi yang akan disampaikan pada pertemuan berikutnya.
8)
Mengucapkan
salam penutup
|
1.1)
1.1)
Siswa menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan
dengan kelompoknya.
2.1) peserta didik bertanya atau menjawab pertanyaan Guru. 3.1) Duduk tenang. 4.1) Kelompok terbaik menerima penghargaan. 5.1) Menyimpulkan materi pelajaran.
6.1)
Mencatat pekerjaan rumah yang diberikan Guru.
7.1) Mendengarkan Guru.
8.1)
Menjawab salam.
|
3
menit
|
H. Penilaian
Penilaian dilakukan selama kegiatan
pembelajaran yaitu penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Instrument penilaian sikap,
pengetahuan, dan keterampilan belajar.
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik penilaian
|
Waktu penilaian
|
1.
|
Sikap
a. Terlihat
aktif dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan.
b. Bekerjasama
dalam kegiatan berkelompok.
c. Toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
d. Peduli
dalam kegiatan pembelajaran.
e. Disiplin
dalam proses pembelajaran.
f. Jujur
dalam menjawab permasalahan yang diberikan.
g. Tanggungjawab
dalam menyelesaikan tugas.
|
observasi
|
Selama pembelajaran dan
saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
Menyelesaikan soal yang
relevan
|
Penugasan
|
Pekerjaan Rumah
|
3.
|
Keterampilan
Terampil menerapkan
konsep / prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan
dengan matriks.
|
portofolio
|
Penyelesaian kelompok
|
Bandar Lampung, 08 Maret 2017
Guru Pamong Guru
Mata Pelajaran
Rany Widyastuti,
M.Pd. Octa
Nur Aviana
NIP. NPM.1411050359
Mengetahui,
Kepala SMAN 1 Bandar
Lampung
Dr. Muhammad
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Penilaian Observasi
Satuan pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas / Semester : XII
Waktu Pengamatan : Pada saat pelaksanaan pembelajaran
Kompetensi Dasar : 2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti,
dan bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan
masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan
ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan
matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
Indikator : Tanggungjawab, Jujur,
Peduli, Kerja sama, Santun, Percaya Diri, Disiplin.
Rubrik:
Indikator sikap dalam
pembelajaran:
1.
Kurang
baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran.
2.
Cukup
jika menunjukkan ada sedikit usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum
ajeg/konsisten.
3.
Baik jika menunjukkan sudah ada
usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten.
4.
Sangat baik jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam
pembelajaran secara terus menerus dan
ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil
pengamatan.
no
|
Nama siswa
|
Sikap
|
|||||||||||||||||||||||||
Tanggung
jawab
|
jujur
|
peduli
|
Kerjasama
|
santun
|
Percaya
diri
|
disiplin
|
|||||||||||||||||||||
k
|
|||||||||||||||||||||||||||
K :
kurang B : baik
C :
cukup SB : sangat baik
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN
PENGETAHUAN
Penugasan
Satuan pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas / Semester : XII
Waktu Pengamatan : Pekerjaan Rumah
Kompetensi Dasar : 3.1 Menganalisis
konsep, nilai determinan, dan sifat operasi matriks, serta menerapkannya dalam
menentukan invers matriks dan dalam memecahkan masalah.
Tugas
Tentukan inversnya ! (jika ada)
a.
b.
c.
d.
Rubrik Penilaian
no
|
kriteria
|
kelompok
|
||||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Kesesuaian dengan
konsep dan prinsip matematika
|
|||||
2
|
Ketepatan memilih cara
|
|||||
3
|
Kreativitas
|
|||||
4
|
Ketepatan waktu
mengumpul tugas
|
|||||
5
|
Kerapihan hasil
|
|||||
Jumlah skor
|
4 :
sangat baik 3 : baik
2 :
cukup 1 : kurang baik
Nilai perolehan = jumlah skor /
20
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN
KETERAMPILAN
Portofolio
Satuan pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas / Semester : XII
Waktu Pengamatan : Pada saat pelaksanaan pembelajaran
Kompetensi Dasar : 3.1 Menganalisis
konsep, nilai determinan, dan sifat operasi matriks, serta menerapkannya dalam
menentukan invers matriks dan dalam memecahkan masalah.
Indikator :
Peserta didik dapat menyelesaikan invers matriks berordo 2x2 dan menerapkan
dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan Portofolio :
memantau perkembangan kemampuan keterampilan dan komunikasi matematika
Tugas
1.
Buatlah lembar isian untuk menuliskan permasalahan
dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan matriks.
2.
Amati lingkungan sekitar sekolah maupun sekitar.
3.
Sajikan data yang diperoleh kemudian buatlah sistem
persamaan linearnya.
4.
Selesaikan sistem persamaan linear tersebut dan
buatlah kesimpulan.
5.
Presentasikan hasil tugas ini ke kelompok.
Komentar
Posting Komentar